Kumpulan Berita Hukum Indonesia
Kejaksaan Jakarta Pusat Periksa Khairiansyah

Kamis, 15 Desember 2005 | 10:52 WIB

Khairiansyah Salman dan Hariyanto, mantan auditor Badan Pemeriksa Keuangan, Kamis (15/12) pagi, diperiksa sebagai saksi dalam kasus penyimpangan Dana Abadi Umat Departemen Agama. Mereka akan menjadi saksi bagi auditor BPK lain yang menjadi tersangka, Mukrom As'ad dan Tuhari Sawanto.

Khairiansyah telah tiba di Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat dan menyatakan siap diperiksa. Pemeriksaan Khairiansyah ini pun ditegaskan oleh Masyhudi Ridwan, juru bicara Kejaksaan Agung.

"Hari ini Khairiansyah dan Hariyanto diperiksa menjadi saksi atas tersangka yang lain," ujar Masyhudi Ridwan.

Khairansyah adalah auditor yang ikut menjebak usaha penyuapan oleh anggota Komisi Pemilihan Umum Mulyana W. Kusumah. Ia lalu menerima penghargaan Integrity Award dari Transparency International di Berlin. Namun, belakangan, kejaksaan menetapkannya sebagai tersangka kasus korupsi Dana Abadi Umat.

Para auditor tersebut, kata Masyhudi diduga telah menerima sejumlah uang dari Dana Abadi Umat dan dana Badan Pembinaan Islam dan Ibadah Haji.

Pada Rabu, Tuhari dan Sawanto dan Mukrom As'ad telah diperiksa di Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat. Mereka diperiksa seputar tugas dan tanggung jawab mereka serta hasil pemeriksaan terhadap Dana Abadi Umat.

Sumber Tempo Interaktif (http://www.tempointeraktif.com/hg/nasional/2005/12/15/brk,20051215-70659,id.html)

Solusi Kesalahan Mengetik Artikel
11