Kumpulan Berita Hukum Indonesia
Target Legislasi Sulit Tercapai

Target legislasi DPR periode 2004-2009 diprediksi tak akan tercapai. Dengan masa tugas DPR yang tinggal setahun lagi, anggota Dewan akan lebih disibukkan dengan persiapan berkompetisi dalam Pemilu 2009.

Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Sebastian Salang, Senin (10/11), yang dihubungi dari Jakarta, menyatakan sulit mengharapkan anggota DPR memaksimalkan masa tugasnya yang tersisa untuk ”mengebut” penyelesaian undang-undang (UU). Menjelang Pemilu 2009, anggota DPR cenderung menghabiskan banyak waktu di daerah pemilihannya. Selepas pemilu, anggota DPR kemungkinan akan kehabisan ”energi” dan lebih banyak ”menikmati” agenda DPR yang teralokasikan anggarannya, tetapi belum dilaksanakan.

”Kita tak bisa berharap anggota DPR maksimal sekarang ini,” kata Sebastian.

Menurut Sebastian, capaian DPR periode sekarang bisa lebih buruk dibandingkan dengan periode 1999-2004 yang kinerja legislasinya mencapai sekitar 70 persen Program Legislasi Nasional. Capaian DPR sekarang lebih banyak berupa UU pembentukan daerah otonom baru.

Ketua DPR Agung Laksono saat penutupan masa sidang I tahun sidang 2008-2009, Kamis lalu, menyatakan, DPR periode 2004-2009 menghasilkan 141 rancangan UU dari 284 yang ditargetkan dalam Program Legislasi Nasional.

Wakil Ketua Badan Legislasi DPR Al Muzzammil Yusuf (Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Lampung I) mengakui, tunggakan RUU dari tahun ke tahun tetap terjadi. Jumlahnya cukup banyak, sampai saat ini lebih dari 45 RUU. Ada RUU yang bahkan masuk prioritas 2005, seperti RUU Peradilan Militer. (dik)

Sumber: Kompas - Selasa, 11 November 2008

Solusi Kesalahan Mengetik Artikel
6275