Kumpulan Berita Hukum Indonesia
Rini Suwandi Klarifikasi Harta Kekayaannya

Mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rini Suwandi diklarifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi terkait dengan laporan harta kekayaannya. Di dalam laporan Rini terjadi penurunan kekayaan yang signifikan, yakni dari Rp 73,9 miliar ditambah 351.000 dollar AS menjadi Rp 39 miliar ditambah 1,236 juta dollar AS.

Rini Suwandi datang ke KPK pada Rabu (21/12) sekitar pukul 09.30 WIB. Ia didampingi beberapa stafnya. Ia diverifikasi Direktur Lembaga Harta Kekayaan Penyelenggara Negara KPK Mohammad Sigit. Rini adalah salah satu pejabat yang didalami laporan harta kekayaannya oleh KPK.

Seusai diklarifikasi, Rini menjelaskan kepada wartawan bahwa kedatangannya untuk mengklarifikasi harta kekayaannya yang kurang jelas.

Ditanya apakah pemeriksaan itu terkait dengan pengurangan kekayaannya yang signifikan, Rini menjawab memang terjadi pengurangan dalam laporan harta kekayaannya, tetapi tidak terlalu signifikan. ”Cuma ada perbedaan dalam melihat. Makanya, saya tadi bilang kepada KPK, tolong sistem pelaporannya diperbaiki formulirnya begitu membingungkan dan begitu sulit mengisinya,” ujar Rini.

Sigit menjelaskan, perbaikan sistem pelaporan dan petunjuk pelaksanaan memang menjadi agenda KPK pada tahun 2006. Khusus untuk verifikasi laporan Rini, yang terjadi adalah kesalahan dalam memasukkan aset- aset tersebut. Selain itu, Rini juga belum memasukkan aset keluarganya. Mengenai jumlah kekayaan Rini ini, Sigit mengatakan, semuanya masih dihitung kembali.

Sumber: http://www.kompas.co.id/kompas-cetak/0512/22/Politikhukum/2306291.htm

Solusi Kesalahan Mengetik Artikel
63