Kumpulan Berita Hukum Indonesia
Lima Penyidik Kasus Nurdin Akan Disidang

Lima polisi anggota penyidik kasus penyelundupan gula yang melibatkan Nurdin Halid akan diajukan ke sidang profesi dan kode etik kepolisian. Mereka dituduh tidak profesional dalam menangani pemberkasan kasus, yang berujung pada ditolaknya dakwaan oleh hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara itu.

Juru bicara Mabes Polri Brigadir Jenderal Paulus Purwoko mengatakan, keputusan ini diambil setelah Divisi Profesi dan Pengamanan memeriksa 17 saksi internal Polri. Pemeriksaan untuk mengetahui peran penyidik dalam pemberkasan kasus Nurdin.

Menurut Paulus, lima penyidik itu diduga kuat telah melakukan pelanggaran kode etik. "Selanjutnya penanganan kasus akan dilimpahkan ke atasan hukumnya, yakni Kepala Badan Reserse dan Kriminal Komisaris Jenderal Makbul Padmanagara," katanya di Jakarta, (20/12).

Menurut Paulus, para penyidik tidak mengikuti aturan perundang-undangan dalam menyidik kasus Nurdin. Meski substansi sama, kata dia, saksi untuk tersangka Waris Halid tidak diperiksa ulang untuk kasus Nurdin.

Dengan adanya temuan baru polisi tentang kekeliruan dalam penanganan kasus Nurdin, menurut Paulus, akan dilakukan pemberkasan lagi terhadap kasus ini. Namun hal itu akan menunggu selesainya proses di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Sumber: http://www.tempointeraktif.com/hg/nasional/2005/12/20/brk,20051220-70905,id.html

Solusi Kesalahan Mengetik Artikel
59