Kumpulan Berita Hukum Indonesia
Dua Mantan Pejabat Pemprov Jabar Ditahan

Dua mantan pejabat Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yang menjadi tersangka dalam kasus pengadaan mobil pemadam kebakaran dan alat berat di provinsi itu pada tahun 2003-2004, Senin (17/11), ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Mereka adalah mantan Kepala Biro Pengendalian Program Pemprov Jabar Ijuddin Budhyana dan mantan Kepala Biro Perlengkapan Pemprov Jabar Wahyu Kurnia. Ijuddin ditahan di rumah tahanan Markas Polres Jakarta Barat, sedangkan Wahyu ditahan di rumah tahanan Markas Polda Metro Jakarta Raya.

Dengan penahanan itu, berarti KPK telah menahan empat orang yang ditetapkan sebagai tersangka kasus ini.

Dua lainnya, yaitu mantan Gubernur Jabar Danny Setiawan dan pengusaha Yusuf Setiawan, sudah ditahan pada Senin pekan lalu.

Juru Bicara KPK Johan Budi menuturkan, dalam proyek senilai Rp 101 miliar tersebut diperkirakan terjadi kerugian negara, yang antara lain lewat penggelembungan harga, sebesar Rp 56 miliar. Perinciannya, Rp 27 miliar terjadi tahun 2003 dan Rp 29 miliar berlangsung tahun 2004.

Sedangkan Danny, yang kemarin kembali diperiksa oleh KPK, mengembalikan uang Rp 300 juta.

Saat akan meninggalkan gedung KPK, Danny mengatakan, dalam proyek tersebut dia masih berstatus sebagai Sekretaris Daerah Jabar dan hanya meneruskan disposisi yang diberikan Gubernur Jabar saat itu, Nuriana. Danny dilantik menjadi gubernur Jabar pada 13 Juni 2003.

Danny juga mengaku mengenal Direktur Utama PT Istana Sarana Raya Hengky Samuel Daud. Hengky yang berstatus buron ini merupakan rekanan pengadaan mobil pemadam kebakaran di sejumlah daerah, termasuk Jabar. (NWO)

Sumber: Kompas - Selasa, 18 November 2008

Solusi Kesalahan Mengetik Artikel
6302