Kumpulan Berita Hukum Indonesia
Danny Setiawan Ditahan

Komisi Pemberantasan Korupsi, Senin (10/11), menahan mantan Gubernur Jawa Barat Danny Setiawan dan pengusaha Yusuf Setiawan. Mereka ditahan terkait pengusutan kasus dugaan korupsi pengadaan mobil pemadam kebakaran dan alat berat di Pemerintah Provinsi Jabar tahun 2003-2004.

Sebelum sekitar pukul 18.35 membawanya ke rumah tahanan Mabes Polri, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah menetapkan Danny menjadi tersangka sejak 21 Juli 2008.

Yusuf, yang merupakan rekanan Pemprov Jabar dalam pengadaan alat berat, ditetapkan menjadi tersangka pada 25 September 2008. Ruang pamernya di Jalan Margonda Raya, Depok, Jabar, dan rumahnya di Jalan Kenanga, Pancoran Mas, Depok, digeledah KPK pada 8 Agustus lalu.

Selain Danny dan Yusuf, dalam kasus ini KPK juga menetapkan dua tersangka lain. Mereka adalah mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jabar Ijuddin Budhyana dan mantan Kepala Biro Perlengkapan Pemprov Jabar Wahyu Kurnia. Mereka belum ditahan KPK.

Juru Bicara KPK Johan Budi menuturkan, proyek pengadaan alat berat dan mobil pemadam kebakaran di Pemprov Jabar itu senilai Rp 101 miliar. Kerugian negara, antara lain, ditimbulkan dari penggelembungan harga, sebesar Rp 56 miliar. Perinciannya, Rp 27 miliar terjadi tahun 2003 dan Rp 29 miliar berlangsung tahun 2004.

”Dari jumlah kerugian itu, uang yang dikembalikan melalui KPK sebesar Rp 12,5 miliar,” ujar Johan.

Abidin, penasihat hukum Danny, mengatakan, ketika proyek pengadaan alat berat dan mobil pemadam kebakaran itu dilaksanakan, Danny masih menjadi Sekretaris Daerah Pemprov Jabar. Danny menjabat gubernur pada 13 Juni 2003. (nwo)

Sumber: Kompas - Selasa, 11 November 2008

Solusi Kesalahan Mengetik Artikel
6276