Kumpulan Berita Hukum Indonesia
Al Amien Mengaku Hanya Terima Rp 75 Juta

Terdakwa Al Amien Nur Nasution mengaku menerima cek perjalanan senilai Rp 75 juta dari anggota DPR, Yusuf Erwin Faisal. Cek itu digunakan untuk biaya pernikahan dengan penyanyi Kristina Iswandari.

Al Amien, yang juga mantan anggota DPR, membantah penerimaan lainnya, di antaranya menerima uang saat kunjungan lapangan; menerima uang dari sekretaris pribadi Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Azirwan, yang bernama Eddy Pribadi; serta menerima uang dari Bambang Dwi Hardono.

Hal ini disampaikan Al Amien saat diperiksa sebagai terdakwa di Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Rabu (3/12). Sidang dipimpin Ketua Majelis Hakim Edward Pattinasarany.

Al Amien didakwa melakukan tiga tindak pidana, yaitu tertangkap tangan menerima uang dari Sekda Bintan terkait pelepasan kawasan hutan lindung Pulau Bintan; menerima tiga lembar cek perjalanan Mandiri Rp 75 juta terkait pelepasan kawasan hutan lindung Pantai Air Telang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan; serta meminta uang kepada PT Almega Geosistem Rp 1,2 miliar dan PT Datascript Rp 286 juta sebagai komisi.

”Saya dikasih amplop oleh pimpinan komisi, Yusuf Erwin Faisal. Karena buru-buru, saya bawa ke rapat. Baru saya buka ketika di mobil, ternyata travel cheque tiga lembar masing-masing Rp 25 juta. Saya lalu kasih ke Kristina untuk biaya pernikahan kami. Saya sering dibantu Yusuf Erwin Faisal,” ujarnya.

Soal perkenalan dengan Sekda Bintan, Al Amien menjelaskan, pertama kali dia didatangi rekannya sesama anggota DPR bernama Usamah. Usamah ke rumah Al Amien dan menyatakan ada orang Bintan yang ingin ketemu. Ia menjelaskan, soal urusan Bintan, perorangan tidak punya kewenangan. (vin)

Sumber: Kompas - Kamis, 4 Desember 200

Solusi Kesalahan Mengetik Artikel
6377