Kumpulan Berita Hukum Indonesia
Kristina Akui Terima Rp 75 Juta

Penyanyi Kristina mengakui dia pernah menerima tiga lembar cek perjalanan dengan nilai total Rp 75 juta. Cek perjalanan itu dicairkan oleh adik Kristina, Sylvia. Uang itu kemudian digunakan untuk membiayai acara pernikahannya dengan Al Amien Nur Nasution.

Hal itu diungkapkan Kristina Iswandari dan adiknya, Sylvia Wihardjanti, saat menjadi saksi bagi terdakwa Al Amien Nur Nasution di Jakarta, Jumat (28/11). Kristina dan Sylvia akhirnya memenuhi panggilan yang kedua jaksa penuntut umum (JPU) untuk menjadi saksi.

Berdasarkan dakwaan JPU, Al Amien tertangkap tangan saat menerima uang dari Sekda Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau; terkait dengan pelepasan kawasan hutan lindung Pulau Bintan; dan menerima tiga lembar cek perjalanan Mandiri sebesar Rp 75 juta terkait pelepasan kawasan hutan lindung Pantai Air Telang Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Al Amien juga meminta uang kepada PT Almega Geosistem Rp 1,2 miliar dan PT Datascript Rp 286 juta sebagai komisi.

Kristina mengatakan, ia pernah menerima cek perjalanan dari Al Amien. ”Yang saya ingat yang kedua, diserahkan di airport saat suami saya mau ke Jambi. Yang dua travel cheque saya lupa,” kata Kristina.

Menurut Sylvia, ketiga cek perjalanan itu dicairkan di Bank Mandiri Kelapa Gading, tetapi tidak dicairkan bersamaan. Uang tersebut diserahkan ke Kristina.

Kristina menjawab, ”Karena saat itu mau menikah, ya saya pakai buat biaya pernikahan.”

Pada saat sidang baru dimulai, ketua majelis hakim Edward Pattinasarany menanyakan kepada Kristina apakah Al Amien Nur Nasution suaminya. Kristina dengan singkat menjawab, ”Sampai saat ini masih suami saya.”

Hakim Edward mengatakan, ”Jangan begitu, kalau masih suami ya katakan suami saja.”

Kristina dan Sylvia juga menjelaskan, mereka berdua pernah makan di Restoran Neo-Suki di Hotel Classic. Menurut Sylvia, Al Amien berada di ruangan lain bersama kawan-kawannya, sementara ia dan Kristina makan di ruangan yang lain.

Kristina menjelaskan, ia tidak pernah tahu siapa saja yang datang ke rumahnya. Suaminya juga jarang bercerita soal pekerjaannya. ”Dia tidak pernah bercerita. Dia tipe suami yang tertutup,” kata Kristina.

Terdakwa Al Amien menanyakan kepada Kristina dengan kalimat, ”Sayang... eh, maaf Yang Mulia. Ini kebiasaan. Sebab kalau tidak nanti dibilang jauh.”

Kristina selama menjawab pertanyaan Al Amien tidak pernah melihat ke arah Al Amien dan dia hanya menjawab singkat. Hakim Edward menegur Kristina, ”Didengar dulu, baru dijawab.” Kristina tetap diam.

Amien menjawab, ”Ini ngambek tapi rindu majelis.” (VIN)

Sumber: Kompas - Sabtu, 29 November 2008

Solusi Kesalahan Mengetik Artikel
6361