Kumpulan Berita Hukum Indonesia
KPK Kembali Periksa Theo F Toemion

Jakarta-RoL-- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM), Theo F.Toemion, terkait dugaan penyimpangan dalam program "Indonesian Investment Year 2003-2004".

Theo datang sekitar Pukul 11.30 WIB di gedung KPK Jalan Veteran Jakarta Pusat, Jumat, didampingi kuasa hukumnya, Sugeng Teguh Santoso.

Theo menjelaskan, anggaran untuk pelaksanaan program tahun investasi 2003 baru dicairkan pemerintah pada April 2003, sedangkan tim harus bekerja sejak Januari 2003.

"Investasi itu kita canangkan setelah Bom Bali 2002. Sidang kabinet pada November 2002 mencanangkan tahun 2003 sebagai tahun investasi," katanya.

Ketika ditanya apakah pelaksanaan program tersebut dilakukan dengan menunjuk rekanan secara langsung, ia tidak secara langsung menjawab pertanyaan itu.

Namun hanya mengatakan "saya masuk BPKM bukan sebagai birokrat tetapi profesional yang terkadang harus mengambil keputusan secara cepat. Memang harus mempelajari Keppres yang sangat banyak tapi yang penting misi tercapai."

Ketika ditanya apakah ada aliran dana yang masuk ke rekening pribadinya, Theo hanya mengatakan, hormati azas praduga tak bersalah.

Ia mengatakan, secara keseluruhan dirinyalah yang bertanggungjawab terhadap program tahun investasi yang diselenggarakan BKPM.

"Tidak ada anak buah yang salah, tidak ada penyelenggara yang salah," katanya. Pemeriksaan yang hingga Pukul 13.39 WIB ini masih berlangsung adalah yang kedua kalinya bagi Theo.

Selama menjabat kepala BKPM, pada 2003 Theo mengadakan program Indonesia Investment Year 2003 dan melakukan perjalanan ke beberapa negara untuk keperluan promosi diantaranya Singapura, Inggris dan Amerika Serikat bersama beberapa pengusaha Indonesia. 

KPK juga telah meminta Ditjen Imigrasi untuk mengeluarkan tindakan cegah-tangkal (cekal) bagi Theo F.Toemion untuk mempermudah penyelidikan kasus tersebut.

Komisi ini pun sebelumnya sudah memeriksa Direktur Promosi BKPM, Widiatni, dan dua pegawai perusahaan pribadi Theo -- Stevanus Handoyo dan Ojak Tambunan.  Hari Kamis (15/12), manajer "relationship" Bank Mandiri cabang Sudirman Jakarta, Joko Setyo Utomo, juga diperiksa KPK

Sumber: Republika Online - Jumat, 16 Desember 2005  16:51:00

Solusi Kesalahan Mengetik Artikel
32