Kumpulan Berita Hukum Indonesia
Tiga Anggota DPR Kena Sanksi Badan Kehormatan

Jakarta (ANTARA News)- Tiga anggota DPR RI dikenai sanksi oleh Badan Kehormatan (BK) DPR karena terlibat percaloan proyek dana bencana alam yang dianggarkan pemerintah, namun ketiganya hanya dijatuhi sanksi dilarang menjadi anggota Panitia Anggaran DPR.

Ketua BK DPR Slamet effendy Yusuf kepada pers di Gedung DPR/MPR Jakarta, Rabu menjelaskan, mereka sudah dilayangi surat oleh BK DPR pada 12 Desember 2005 yang berisi sanksi. Namun Slamet menolak menyebutkan nama dan asal fraksi ketiga anggota itu.

"Mereka dari dua fraksi di DPR," kata Slamet yang juga anggota Fraksi Partai Golkar (FPG) DPR RI.

Slamet hanya menjelaskan, dua dari tiga anggota DPR dijatuhi sanksi berupa keharusan fraksinya menarik dari posisinya sebagai anggota Panitia Anggaran DPR. Panitia Anggaran ini yang membahas semua mata anggaran untuk seluruh proyek pemerintah pusat dan daerah.

Satu anggota lagi hanya diberi sanksi teguran langsung dalam sidang BK DPR yang memeriksa kasus percaloan di DPR.

BK DPR sejak tiga bulan lalu mengusut dugaan keterlibatan sejumlah anggota DPR dalam kasus percaloan mata anggaran proyek pemerintah. BK juga memeriksa pihak luar yang diduga menjadi penghubung dalam percaloan.

Hasil dari pengusutan itu adalah melarang dua anggota DPR menjadi anggota Panitia Anggaran DPR dan menegur satu anggota DPR dalam sidang BK DPR.(*)

Sumber: Antara News - 14 Desember 2005 : 18:28

Solusi Kesalahan Mengetik Artikel
10