Kesulitan adalah Jalan Menemukan Kemudahan !

Hidup hakekatnya masalah, hikmah dan pelajaran. Makanya kita menjadi pandai karena kita sekolah ? Kita jadi kaya karena kita bekerja dan berusaha untuk kaya ? Kita bisa pintar melakukan sesuatu karena kita selalu belajar untuk itu ? Lalu siapa bilang belajar untuk pandai itu gampang ? Siapa bilang bekerja itu enak ? Lalu siapa bilang belajar sesuatu yang sulit itu mudah ?

Siapa bilang ketika belajar, bakerja dan sekolah tidak akan menghadapi masalah ? Masalah adalah hikmah. Hikmah adalah pelajaran. Pelajaran menghadapi masalah akan menentukan kualitas dan kapasitas seseorang. Kualitas dan kapasitas seseorang inilah yang akan menentukan berkembang-tidaknya hidup seseorang. Lalu siapa yang akan bilang bahwa masalah bukanlah hakekat sebuah kesulitan. Lalu mengapa mereka mampu melewatinya ? dan mengapa mereka bisa melakukannya ?

Siapa bilang gunung yang besar tidak mampu kita runtuhkan ? Siapa bilang besi baja yang keras tidak mampu kita luluhkan ? Atau kaca yang bisa ditembus cahaya ? Atau dalam gelap masih bisa kita lihat ? Maka dari iti, tidak ada kesulitan yang tak mampu dipecahkan. Tidak ada kesultan yang tak mampu ditembusnya. Tidak ada besi-baja yang keras tak mampu dilelehkan. Karena adanya kaca supaya ditembus cahaya. Adanya besi baja untuk dilelehkan. Adanya gelap untuk bisa melihat yang ada. Karena dalam kesulitan itu sebenarnya mengandung kemudahan. Ternyata kita hanya butuh cara untuk menembusnya, meluluhkannya, dan memecahkannya.

Dalam kasus anda, mungkin kami hanya akan memberikan contoh dari  kasus yang pernah kami hadapi dan sarankan kepada seseorang. Pada prinsipnya banyak jalan mencapai tujuan. Walau seakan jalan tertutup oleh tembok besar nan kokoh. Namun tiada mungkin tembok tersebut tak berongga. Dan tak selamanya tembok itu tetap kokoh oleh kikisan air yang mengalir. Semua pasti akan bisa tertembus dan roboh oleh waktu, kejelian dan cara untuk melewatinya.

Pada contoh kasus yang pernah terjadi pada seseorang yang mencoba membangun cinta asmaranya menuju pelaminan, namun terhalang oleh ketidaksetujuan salah satu pihak orangtuanya. Karena cinta mereka sudah begitu kuat menancap di hati mereka. Mereka siap menghadapi segala resiko hidup untuk mempertahankan cinta mereka, tanpa harus menanggalkan rasa baktinya kepada kedua orangtuanya yang harus tertunda, karena tidak mungkin bisa menikahkannya.

Mereka mencoba menerawang jauh atas sikap keras orangtuanya terhadap diri mereka sebagai anaknya. Akhirnya mereka menemukan jawabannya, bahwa sikap keras orang tua tidak tertuju pada semuanya. Orangtua mereka ternyata sangat patuh pada ibundanya, yang tak lain adalah nenek mereka ( yang sedang dibuai asmara ).

Walau dengan proses panjang dan berliku, mereka berhasil mendapat dukungan neneknya. Dan kemudian sang nenek itu yang bertanggungjawab atas berlangsungnya pernikahannya. Sang bapak dibuat tidak bisa berkutik dihadapan sikap lembut ibunda tercintanya. Walau ketidaksetujuan itu tetap masih ada dan bersemayam di hatinya.

Waktu terus bergulir dan berputar. Sang cucu (anak) telah ikut menyemarakan kehidupan mereka berdua. Hati yang keras lama kelaman tak mampu untuk bisa bertahan bersemayam dihati yang salah. Cara dan usaha terus menembus kebekuan hati yang tidak pada tempatnya. Akhirnya pelan dan pasti waktu dan kebisuan itu luluh juga. Kebekuan dan kebisuan yang memang tidak ada gunanya menghadapi kesabaran dan kerendahan hati mereka berdua. Akhirnya ketundukan bakti kepada orangtua mereka bisa dibina lagi, tanpa dendam, tanpa amarah dan tanpa masalah. Semua berjalan seakan-akan tak pernah terjadi masalah. Maha Besar Sang Pencipta yang selalu memberi kemudahan kepada siapa saja yang menjalani hidup dengan penuh kesabaran, ketulusan dan ketundukan hati yang dalam.

Inilah contoh cerita, yang mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi anda untuk mencoba dan menghadapinya. Percayalah banyak celah dibalik rapatnya barisan. Banyak rongga di balik benda yang padat dan kuat. Banyak yang bisa kita lihat di dunia yang sangat gelap. Di mana ada kesulitan di sanalah jalan menuju kemudahan. Di mana ada kepedihan hidup di sanalah kebahagian sedang menunggunya.

Selengkapnya ..... ?

Ingat jangan sampai ketinggalan satu topikpun, karena disana banyak rahasia hidup yang telah banyak dilupakan oleh sebagian besar orang. Dijamin ! Kalau anda bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari semua topik yang ada, Niscaya serasa jiwa anda baru bangun dari tidur yang terlalu lama !. Terimakasih !